TUGAS ADSI SISTEM RESERVASI INFORMASI KAMAR PENGINAPAN WISMA DAUN








BAB I
PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang

Dengan berkembangnya teknologi informasi di era globalisasi yang semakin cepat, sangat membantu dan mendukung sebuah kegiatan dalam suatu organisasi. Pemamfaatan suatu teknologi informasi Online maupun Offline dapat  Membantu menyajikan informasi yang dibituhkan dengan cepat, cermat, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
Penginapan merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Penginapan yang terletak di tengah kota dengan prospek yang menjanjikan tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran pelayanan. Penginapan dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa kelas, pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya dibuat sebuah sistem informasi reservasi pemesanan kamar sehingga pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan akurat
Penginpan Wisma Daun merupakan penginapan yang terletak di kota Denpasr, tepatnya di jalan Kenyeri III  No 12 Kesiman Petilan, Denpasar timur.Selama ini sistem reservasi kamar yang ada pada Penginapan Wisma Daun dilaukan secara manual. Penggunaan sistem reservasi kamar secara manual dinilai perlu dibenahi karena kurang efisien dan menghabiskan banyak waktu. Selain itu sistem yang dilakukan secara manual memerlukan tempat yang lebih besar karena penyimpanan data masih menggunakan buku. Dengan digunakannya sistem reservasi yang terkomputerisasi, dapat mempermudah karayawan khususnya resepsionis Penginapan Wisma Daun dalam melakukan pekerjaannya yang menjadi lebih efektif dan efisien.  Daris output sistem dapat menghasilkan report transaksi dan report log tamu sehingga manager penginapan atau pemilik penginapan bisa tau informasi tentang identitas tamu yang pernah menginap secara lengkap, kapan tamu cheek in dan cheek out dan hasil transaksi pembayaran kamar perhari, perbulan atau pertahun. Maka di Penginapan Wisma Daun perlu di bangun Sebuah sistem yang terkomputerisasi yang dapat mendukung yaitu “SISTEM  INFORMASI RESERVASI KAMAR PENGINAPAN WISMA DAUN”.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah di jelaskan di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu bagaimana proses pembuatan  Sistem Informasi Reserpasi Kamar Penginapan Wisma Daun?

1.3    Batasan Masalah

Agar pembahasan tidak menyimpang dari pokok permasalahan maka penulis membatasi pembahasannya pada pengembangan sistem informasi yang mengkhususkan pada Sistem  Resrvasi Kamar Penginapn Wisma Daun.

1.4    Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.4.1           Tujuan Penelitian

Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah :
1.       Untuk mengetahui bagaimana sistem pada penginapan wisma daun.
2.       Untuk mengetahui bagaimana aplikasi sistem reservasi kamar yang terkomputerisasi pada Penginapan Wisama Daun.

1.4.2 Manfaat Penelitian
1.4.2.1 Bagi Tempat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini bagi tempat penelitian adalah
1.       Membangun sistem terkomputerisasi yang dapat memberikan kemudahan bagi pegawai penginapan ataupun pemilik penginapan dalam melayani tamu dalam proses cheek-in dan cheek-out.
2.       Membuat laporan  transaksi reservasi kamar perhari, perminggu atau pertahun dengan cepat sehingga memudahkan manajemen untuk pengembangan penginapan.

1.4.2.2 Bagi Penulis
Manfaat yang penulis dapat dari pembuatan sistem informasi ini adalah :
1.       Agar penulis dapat lebih memahai konsep dasar penulisan karya ilmiah.
2.       Agar penulis mengetahui alur dan konsep dasar pelayanan reservasi kamar pada penginapan wisma daun.

1.5    Analisa Kebutuhan Sistem

Guna memahami lebih jelas laporan Kerja peraktek ini, dilakukan dengan cara mengelompokkan materi menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I         : PENDAHULUAN
      Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II       : PROFIL PERUAHAAN
                Bab ini berisi tentang profil perusahaan yang dalam laporan ini adalah sebuah penginapan, yang membahas tentang awal mula dibangunnya penginapan, jenis kamar yang disediakandan struktur organisasi pada penginapan tersebut.     
  
BAB III      : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini juga  menjelaskan konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi, Data Flow Diagram (DFD), Databse Management System (DBMS), Bahasa pemrograman yang digunakan dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.

BAB IV   : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
         Bab ini menjelaskan analisa sistem yang diusulkan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD),  melalui program Visual basic 2008, rancangan basis data, desain dari sistem yang diimplementasikan.

BAB V       : IMPLEMENTASI SISTEM

                Bab ini menjelaskan implementasi sistem yang diusulkan dengan menggunakan bahasa program Visual 2008, screen shot dari sistem yang diimplementasikan, serta rancangan perangkat sistem yang diusulkan, terdiri dari hardware dan software

BAB VI       : KESIMPULAN DAN SARAN

          Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKUNTANSI Konsep Matching , Cash Basis , Accrual Basis , Penyesuaian Rekening, Neraca saldo , Neraca Lajur

XXX BAND BALI

PURA ULUN DANU BATUR SONGAN KINTAMANI